Tips Anti Kalap saat Harbolnas 12.12

Di penghujung tahun 2019, masyarakat Indonesia kembali disuguhi pesta belanja atau di kenal dengan Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS) 12.12, dimana toko online berlomba-lomba memberikan penawaran menarik. Tapi anda jangan sampai kalap saat berbelanja. Program ini rutin di selenggarakan pada tanggal 12 Desember di setiap tahunnya dan menghadirkan beragam promo dan diskon yang menarik untuk para konsumen. Bahkan banyak yang menjadikan momen harbolnas untuk mendapatkan barang yang telah lama di inginkan dengan harga miring.
Nah, agar tidak tertipu saat belanja online dengan berbagai macam diskon. Simak tips berikut.

#Pantau promo Harbolnas dari tengah malam
Pada puncak perayaan Harbolnas, saat waktu menunjukan tepat pukul 00.00, biasanya anda berpeluang besar untuk mendapatkan penawaran terbaik yang jumlahnya cukup terbatas.

#Beli karena Butuh, Bukan karena Diskon.
Kamu lihat di e-commerce besar ada diskon 70 persen, dengan syarat pembelian Rp3 juta. Belum tahu mau beli apa, tapi sepertinya sepatu baru boleh juga. Meskipun kamu masih punya banyak model sepatu yang masih bagus dan layak pakai, diskon sebesar ini sangat menggiurkan.
Akan tetapi, kalau dihitung dengan pembelian Rp3 juta, diskon yang didapat adalah sebesar Rp2,1 juta. Artinya, kamu masih harus mengeluarkan (spending) sebesar Rp900.000. Uang sebanyak itu setara dengan makan siang kamu selama sebulan lho (Rp30.000 x 30 hari).
Berbeda halnya kalau kamu belanja barang kebutuhan pokok kamu yang bisa membuat kamu makin produktif. Misalnya, kebetulan kamu seorang fotografer dan membutuhkan lensa kamera baru seharga Rp9 juta, tetapi kamu butuh barang tersebut untuk proyek fotografi seperti paket pre-wedding senilai Rp10 juta.
Nah, dengan membeli lensa saat harbolnas itu kamu tidak hanya menikmati diskon, tetapi kamu juga bisa mendapatkan barang produktif yang bisa menambah pemasukan (income) kamu.

#Jangan Gunakan Utang (Kartu Kredit)
Tips kedua ini berkaitan lagi dengan poin pertama tadi. Kalau kamu beli barang bukan kebutuhan yang belum dianggarkan di bulan ini, kamu tidak memiliki uang untuk membayarkannya. Lalu, setan kartu kredit pun datang.
Kalau kamu membayar dengan kredit, ada bunga yang harus kamu bayar di masa depan. Apalagi, kalau kamu pakai metode cicilan yang kelihatannya kecil tetapi sebenarnya lebih tinggi daripada nilai barang yang kamu beli.
Akhirnya, utang tersebut bisa memberatkan masa depan kamu. Bukannya bersenang-senang, kamu malah jadi terlilit utang.

#Batasi Transaksi di Nominal Tertentu
Untuk mengelola pengeluaran saat musim diskon seperti Harbolnas, batasi transaksi di kartu atm dan online banking pada nominal tertentu. Saat jumlah total transaksi telah mencapai limit yang ditentukan, maka anda terpaksa harus menghentikan aktivitas belanja. Oleh karena itu, membatasi transaksi di nominal tertentu akan menyelamatkan anda untuk tidak kalap saat berbelanja.

#Pastikan Pembelian dilengkapi Sistem Retur
Opsi satu ini memberikan manfaat dan keamanan bagi pembeli. Salah satu kekurangan dari membeli produk online adalah pembeli tidak dapat mengecek langsung barang yang dipesan. Oleh karena itu sistem retur akan memberikan jaminan agar barang yang dipesan dapat diterima dalam kondisi sempurna.

Sumber:
BAREKSA

Facebooktwitterredditlinkedintumblrmail

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *