Peringati sumpah pemuda, ini cara siapkan tabungan masa depan untuk para pemuda

Setiap tahun tangal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Tepatnya hari ini 28 Oktober 2019 merupakan peringatan sumpah pemuda yang ke -91 sejak sumpah pemuda diikrarkan oleh pemuda-pemudi Indonesia pada 28 Oktober 1928.

Sumpah pemuda berisikan : “Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Air Indonesia”, “Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia”, “Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”.

#SumpahPemuda2019 di sosial media Twitter memasuki tranding topic hari ini. Banyak warga net yang berkicau mengenai sumpah pemuda. Kicauannya pun beragam, tentang semangat persatuan yang dimiliki para pemuda hingga harapan untuk Indonesia.

Teruntuk kalian para pemuda yang ingin ikut serta memperingati hari sumpah pemuda kalian bisa mulai dengan sesuatu yang bermanfaat untuk diri sendiri, seperti mulai berjanji pada diri sendiri untuk memulai investasi demi masa depan. Banyak intrument investasi yang bisa kalian pilih salah satunya reksadana.

Tabungan masa depan yang di peroleh lewat reksadana bisa kalian gunakan untuk berbagai kebutuhan di masa depan, seperti kebutuhan untuk modal usaha, biaya pendidikan, menikah, membeli rumah, dana pensiun, bahkan untuk mencapai kebebasan finansial.

Berinvestasi di reksadana sangat menguntungkan karena berpeluang memperoleh imbal hasil optimal, bisa mengalahkan inflasi, hingga imbal hasilnya bebas pajak karena bukan objek pajak. Potensi imbal hasil investasi reksadana jauh lebih optimal dibandingkan menabung biasa di bank atau deposito.

Oleh karena itu mulailah untuk menyiapkan tabunganmu untuk masa depan sedini mungkin. Karena semakin cepat kalian menyiapkan tabungan, maka potensi imbal hasilnya akan semakin optimal.

Sekarang kita buat simulasi rencana tabungan masa depan. Anggap saja kita mampu menyisihkan Rp300.000 setiap bulannya secara rutin lalu kita investasikan kedalam reksadana selama 5 tahun.

Setelah kita rutin berinvestasi selama 5 tahun, maka dana pokok investasi yang berhasil kita kumpulkan sebesar Rp18.3 juta dengan asumsi imbal hasil 14.9 persen pertahun.

Tidak hanya itu dana yang kita investasikan akan bertumbuh menjadi Rp27.1 juta. Yang dimana uang yang kita investasikan akan berpotensi meraih imbal hasil Rp8.8 juta.

Dengan dana tabungan Rp27.121 juta, kita bisa gunakan untuk modal buka usaha, biaya pendidikan, tambahan dana untuk menikah, tambahan dana untuk membeli rumah, atau bisa diinvestasikan kembali untuk dijadikan sumber pendapatan pasif.

Tidak sulit bukan untuk menyiapkan tabungan masa depan, kita hanya butuh niat dan konsisten dalam melakukan investasi. Tertarik untuk melakukannya?

Sumber :

Simulasi Reksadana

Facebooktwitterredditlinkedintumblrmail

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *