Langkah Tepat Kelola Keuangan Setelah Libur Lebaran

Libur lebaran telah usai. Terkadang kondisi keuangan setelah lebaran menjadi kurang stabil jika tidak kita kelola dengan baik.

Dikutip dari https://www.cermati.com, banyak orang yang habis-habisan dalam mempersiapkan bulan Ramadan dan Lebaran, menghabiskan gaji, menghabiskan THR, hingga uang kas habis tak bersisa. Akibatnya setelah lebaran usai dan memulai rutinitas harian kembali, beberapa permasalahan keuangan bermunculan. Lantas apa yang kalian lakukan jika setelah libur lebaran ternyata kondisi keuangan kalian malah menipis?.
Apapun yang terjadi, semua itu telah berlalu. Berikut ini yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi kondisi keuangan kalian agar segera kembali membaik pasca libur lebaran:

Catat semua pengeluaran selama libur lebaran
Mencatat semua pengeluaran yang di keluarkan saat libur lebaran kemarin agaknya sangat membosankan dan memusingkan tapi dengan kita mencatat apa saja pengeluaran yang telah kita keluarkan kemarin hal itu bisa menjadi pertimbangan kembali untuk pengeluaran di bulan berikutnya.

Hitunglah dana yang tersisa
Mungkin menghitung dana yang tersisa pasca libur lebaran terbilang mudah, tapi jangan kira begitu ternyata ini cukup memusingkan terlebih lagi jika ada pengeluaran yang tidak terlihat. Oleh sebab itu coba ingat-ingat dan hitung kembali dengan seksama dana yang tersisa tersebut.

Membuat daftar yang menjadi prioritas
Setelah kita mencatat semua pengeluaran dan menghitung semua dana yang tersisa maka selanjuatnya cobalah untuk membuat daftar prioritas pasca lebaran. Dengan kita mempunyai daftar mana saja yang menjadi prioritas kita setelah libur lebaran, kita menjadi lebih terorganisir untuk mengeluarkan uang karena semua telah terdaftar dengan rapih.

Batasi pengeluaran harian
Saat semua telah kembali beraktifitas normal lagi, cobalah batasi pengeluaran harian kita, misalnya jika kita biasa menggunakan ojek online saat berangkat kerja coba ganti dengan moda transportasi lainnya seperti MRT atau Transjakarta, memang dengan kita beralih ke transportasi tersebut akan membuat kita lebih banyak berjalan kaki tidak ada salahnya bukan malah dengan begitu kita mempunyai dua keuntungan yang pertama kita bisa sekalian berolahraga yang kedua kita jadi bisa lebih hemat.

Kurangi pergi ke coffee shop
Tidak di pungkiri lagi minum kopi di kedai kopi sudah menjadi kebiasaan banyak orang, selain menikmati kopi mereka yang berkunjung terkadang membawa perkerjaan kantor ataupun tugas kuliah ke kedai kopi tersebut tidak ada salahnya memang, tapi akan bermasalah jika kunjungan tersebut dilakukan seminggu 5-6 kali kunjungan. Pasca libur lebaran seperti sekarang ini alangkah baiknya jika kunjungan ke kedai kopi intensitasnya di kurangi misalnya dalam kurun waktu seminggu berkunjung 1 kali kunjungan saja, selebihnya kita bisa buat sendiri dirumah bahkan uang yang harusnya untuk minum kopi bisa di alokasikan ke tabungan atau investasi di reksa dana.

Menabung Kembali
Saat Lebaran banyak kebutuhan yang harus dipenuhi mulai dari beli pakaian baru hingga biaya mudik bahkan terkadang ada juga biaya yang terduga keluar saat libur lebaran. Sekarang libur lebaran usai maka dari itu sebaiknya kita mulai menabung kembali. Untuk menstabilkan kondisi keuangan kita pasca libur lebaran tidak sesulit yang dibayangkan ko, asalkan kita disiplin tahan dulu keinginan untuk membeli suatu barang setelah kondisi keuangan kita kembali stabil baru deh kita boleh membeli barang apa pun yang kita dambakan.

Semoga beberapa tips yang kami berikan bermanfaat. Bijaksanalah dalam mengelola keuangan mau itu pasca libur lebaran ataupun tidak.

Facebooktwitterredditlinkedintumblrmail

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *