Sang pisau bermata dua (Kartu Kredit)

Kartu kredit merupakan alat bantu pembayaran yang telah lumrah di gunakan di masyarakat. Mungkin diantara kalian juga menggunakan alat pembayaran non tunai yang satu ini, di samping banyaknya kemudahan yang di berikan, kartu kredit biasanya memiliki banyak promo dan diskon yang di tawarkan. Namun begitu kartu kredit bak pisau bermata dua jika kita bijaksana dalam penggunaannya kita akan di untungkan, namun disatu sisi akan merugikan kita jika tidak bijaksana dalam penggunaannya.
Akan kita bahas satu persatu hal apa yang membuat kartu kredit menguntungkan dan hal apa saja yang membuat kartu kredit bisa amat sangat merugikan.

KEUNGGULAN

#SIMPLE dan PRAKTIS
Kartu kredit memberikan segala bentuk ke praktisan serta ke mudahan bagi para pemegangnya. Dengan adanya kartu kredit kalian akan dimudahkan dalam segala bentuk pembayaran. Tidak perlu lagi membawa banyak uang tunai, tidak perlu repot untuk mencari mesin ATM hanya dengan satu kartu saja kalian bisa dengan mudah melakukan berbagai macam transaksi.

#BISA DIGUNAKAN DI SELURUH DUNIA
Jika kalian salah satu yang sering jalan-jalan keluar Negeri maka dari pada kalian membawa banyak uang tunai alangkah baiknya kalian menggunakan kartu kredit, karena selain aman dan mudah digunakan kartu kredit jenis apapun bisa diterima di Negara manapun. Terlebih lagi kalian tidak harus menukarkan uang dengan mata uang Negara tersebut. Kemudahan akan kalian dapatkan.

#MUDAHNYA MELACAK PENGELUARAN
Sebagai pengguna kartu kredit, kalian akan selalu mendapatkan catatan transaksi dalam lembar tagihan setiap bulannya yang berisi semua transaksi yang kalian lakukan dengan menggunakan kartu kredit tersebut. Dengan demikian, pengeluaran kalian setiap bulannya lebih bisa dilacak karena sudah tercatat setiap bulan dalam lembar tagihan yang rutin diterima.

#PENOLONG SAAT DALAM KEADAAN DARURAT
Siapapun pasti tidak ingin mengalami musibah atau keadaan darurat yang merugikan atau tidak menyenangkan. Namun kadang keadaan darurat seperti ini tidak dapat dihindari. Kartu kredit bisa menjadi alat yang membantu dalam melakukan pembayaran untuk berbagai macam kondisi darurat apabila kebetulan uang tunai sulit diperoleh dengan cepat atau tidak tersedia.

#BANYAKNYA DISKON
Salah satu keunggulan kartu kredit ialah banyaknya diskon yang akan di terima bagi para pemegang kartu kredit. Biasanya setiap kartu kredit akan memberikan berbagai macam diskon tergantung kebijakan yang diterapkan para penerbit kartu kredit tersebut.

KEKURANGAN

#ADANYA BIAYA YANG HARUS DIBAYAR TIAP TAHUN
Salah satu kelemahan kartu kredit harus membayar iuran tiap tahunnya. Para pemegang kartu kredit akan di bebankan biaya tiap tahunnya atas kepemilikan kartu kredit tersebut, dan biasanya para penerbit kartu kredit mempunyai kebijakan masing-masing atas berapa yang harus di tanggung para pemegang kartu kredit tersebut

#BANYAK TAWARAN KARTU KREDIT LAIN
Saat kita telah memiliki satu kartu kredit dari salah satu bank penerbit, maka biasanya tidak lama dari itu akan banyak sekali tawaran dari bank lain untuk menawarkan kartu kredit yang mereka miliki dengan berbagai jenis penawaran dan promo yang diberikan.
Namun meski begitu ada solusi untuk hal ini. Kita hubungi bank yang melakukan penawaran kartu kredit kita minta agar data diri kita dihapuskan dari penawaran tersebut

#TINGGINYA BUNGA
Setiap bank penerbit kartu kredit memiliki kebijakan tersendiri mengenai penetapan bunga yang diberikan. Kita sebagai pemegang kartu kredit sebaiknya bijaksana saat menggunakan apa lagi jika sampai terjadi telat melakukan pembayaran maka bunga kartu kredit tersebut akan meningkat.

Setelah kita mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan dari kartu kredit, berarti kalian semua dapat mempertimbangkan lagi dengan matan-matang sebenarnya perlu atau tidak untuk memiliki kartu kredit tersebut. Bak pisau bermata dua satu sisi kartu kredit akan membantu keuangan sang pemegang namun disisi lain kartu kredit pun dapat menjadi ancaman bagi sang pemegang kartu.

Facebooktwitterredditlinkedintumblrmail

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *