Antara Investasi Atau Menabung?

Masih ada beberapa orang yang beranggapan bahwa antara investasi dan menabung adalah kedua hal yang sama atau kedua hal tersebut saling berkaitan, faktanya kedua hal tersebut 100% berbeda satu dengan yang lainnya.

Dimana, jika kita menabung berarti kita hanya menyimpan uang yang kita punya dan jangan harap akan adanya imbal hasil setiap bulannya dari uang yang kita simpan itu.

Namun berbeda dengan investasi jika kita menginvestasikan uang kita pada salah satu instrument investasi mau itu saham ataupun reksa dana, uang yang kita investasikan itu akan memperoleh imbal hasil setiap bulannya dan akan tentunya akan menguntungkan.

Bahkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pun kedua hal tersebut berbeda dimana investasi itu penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan, sedangkan menabung menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah menyimpan uang (di celengan, bank dan sebagainya).

Setelah melihat dari definisi diatas kedua hal tersebut jelas-jelas berbeda, maka untuk mempermudah memahaminya mari simak rangkuman perbedaan sebagai berikut:

Setelah melihat dari tabel diatas mengenai perbandingan menabung serta investasi dan melihat semua penjelasan antara menabung dengan investasi, sekarang kembali lagi pada diri masing-masing karena pilihan ada pada kalian.

Dari tabel di atas terlihat bahwa instrumen investasi beragam dan masing-masing memiliki karakteristik sendiri-sendiri, reksa dana adalah salah satunya. Reksa dana menawarkan berbagai keuntungan, antara lain imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan hanya menabung di bank, modal awal yang sangat sedikit untuk memulainya, tingkat likuiditas yang baik, bisa dipantau kapan pun dan di mana pun, dikelola oleh pihak terpercaya, serta keunggulan-keunggulan lainnya.

Akan lebih terlihat lagi jika ada simulasi mengenai investasi reksa dana jadi kita bisa memperkirakan berapa yang kita dapatkan jika kita mengambil instrument investasi reksa dana.

Simulasi Reksa dana

Dapat dilihat dengan menabung di reksa dana jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan hanya menempatkan uang pada bank. Lantas kenapa kita tidak merubah kebiasan kita yang menabung pada bank menjadi menabung di reksa dana?

Sebenarnya pada dasarnya sama saja jika kita memutusakan menabung di bank, dengan menabung di reksa dana. Terlebih lagi jika kita menabung pada reka dana bentuknya yaitu berupa instrument investasi yang kapan pun bisa dicairkan.

Demi masa depan cerah dengan tercapainya tujuan keuangan, persiapkan masa depan Anda dengan matang. Jadi mulai lah berinvestasi reksa dana semakin cepat Anda memulai akan semakin baik.   

Facebooktwitterredditlinkedintumblrmail

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *