Agar Gajimu tidak berlalu begitu saja

Pernahkah kalian merasa bahwa ketika gajian tiba uang tersebut seperti ‘numpang lewat’ saja di rekening? Padahal akhir bulan saja belum tapi uang tersebut cepat sekali berlalunya. Tentunya setiap orang berharap bahwa pendapatan yang diterima tersebut akan cukup hingga akhir bulan. Sayangnya harapan itu sering kali musnah sebelum pertengahan bulan tiba.
Terkadang kita menyalahkan pendapatan yang kita peroleh tidaklah cukup untuk mencukupi kebutuhan bulanan, jangan langsung menyalahkan pendapatan yang kita peroleh tiap bulannya tapi liatlah kembali apakah kita sudah benar dalam melakukan manajemen keuangan setiap bulannya.
Jika kita tidak ingin setiap bulannya mengalami hal yang sama yaitu uang gaji musnah sebelum pertengahan bulan, maka mulailah kelola gaji bulanan yang kalian terima dengan bijak.
Lantas apa saja yang dapat dilakukan? Simak dengan seksama beberapa tips berikut:
1. Buatlah daftar pengeluaran bulanan pasti
Daftar pengeluaran bulanan pasti ialah pengeluaran yang biasa kita keluarkan setiap bulannya. Kalian pasti tau pengeluaran apa saja yang biasa kalian keluarkan setiap bulannya lantas kalian buatlah daftarnya, kemudian kurangkan jumlah pengeluaran tersebut dengan gaji yang diterima.
Contoh dari pengeluaran pasti ini ialah biaya sewa rumah, biaya asuransi, biaya transportasi, biaya pulsa dan biaya-biaya lainnya yang jumlahnya tetap.

2. Buatlah catatan harian
Kadang kita bingung jumlah simpanan pada rekening kita semakin hari semakin berkurang, jika hal tersebut telah terjadi saatnya memulai mencatat pengeluaran apa saja yang kita keluarkan setiap harinya sekecil apa pun itu. Hal ini akan membuat manajemen keuangan kita akan terasa lebih baik dari sebelumnya.

3. Mulailah berinvestasi
Sekarang ini telah banyak jenis investasi yang tersedia dan mudah untuk melaksanakannya, daripada uang gajian kita tiap bulan hanya berlalu begitu saja lebih baik masukan ke instrument investasi uang tersebut. Beberapa jenis investasi yang bisa kita lakukan di antaranya: investasi emas/logam mulia, deposito, investasi reksa dana, obligasi dan masih banyak jenis investasi lainnya. Kalian bisa ikuti salah satu dari beberapa jenis investasi tersebut karena ‘waktu adalah teman terbaik untuk investasi’ semakin lama kalian berinvestasi maka akan semakin besar pula yang kalian dapatkan.

4. Belilah barang yang di butuhkan bukan yang di inginkan
Berhubung baru gajian kadang kita suka gelap mata membeli barang-barang yang nggak tau itu bakal berguna untuk kita atau tidak, hanya sekedar menginginkan bukan barang yang benar kita butuhkan. Sebaiknya kebiasaan seperti ini mulai di ditinggalkan karena jika masih berlangsung maka manajemen keuangan yang kita tidak akan berjalan baik.
Kita bisa membuat daftar barang mana yang menjadi kebutuhan dan jika kita beli barang tersebut sangat berguna untuk kita.

5. Siapkan dana darurat
Pada bahasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa dana darurat itu penting
Dana Darurat
Yaa kadang kita melupakan menyisihkan untuk dana darurat, padahal dana darurat ini sangatlah penting karena kita tidak tau dalam satu bulan tersebut apakah semua baik-baik saja atau tidak, jika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan terjadi menimpa kita misalnya saja kita mengalami musibah dan harus membutuhkan dana yang lumayan tidak mungkin kita melakukan pinjaman ke seseorang lantas yang bisa menyelesaikan hanyalah diri kita sendiri dengan kita telah mempersiapkan dana darurat maka setidaknya kita telah menyelasaikan masalah yang terjadi itu.

6. Bijaklah menggunakan kartu kredit
Jika kalian pengguna kartu kredit ini bisa menjadi salah satu hal yang dapat membantu anda mengelola keuangan asal kalian menggunakannya dengan cerdas. Tipsnya, pakailah promo yang ada saat menggunakan kartu kredit bahkan hal tersebut bisa digunakan juga untuk membayar tagihan yang dimiliki. Tapi, jika kita tidak mengelolanya dengan bijak maka kartu kredit akan sangat menyusahkan.

Tidak hanya membiasakan diri mencatat semua pengeluaran saja, harus membiaskan diri untuk selalu mematuhi peraturan keuangan yang sudah dibuat.
Mengatur keuangan memang “gampang-gampang susah”, tergantung bagaimana kita bisa menahan dan memprioritaskan. Namun, seharusnya zaman sekarang sudah tidak ada lagi alasan untuk kesulitan melakukan sebuah manajemen keuangan.

Facebooktwitterredditlinkedintumblrmail

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *