Manfaat Berinvestasi Bagi Kaum Millenial

Kaum Millenial sebaiknya mulai memikirkan agar bisa bebas dari masalah keuangan, misalnya saja dengan mulai mencari tahu tentang investasi.
Berikut beberapa alasan untuk kaum millineal agar mau melakukan investasi dari sekarang.

1. Tercapainya Tujuan Keuangan

Salah satu alasan agar tercapainya tujuan keuangan seseorang yaitu harus berinvestasi. Siapa pun orang tersebut pastilah memiliki tujuan keuangannya masing-masing. Mungkin orang tersebut menginkan agar tercapainya tujuan keuangannya yaitu ingin mempersiapkan biaya pernikahan, agar bisa mempunyai rumah idaman, menyiapkan dana pendidikan, persiapan dana perjalanan dan tujuan keuangan yang lainnya. Jadi salah satu yang membuat orang termotivasi untuk berinvestasi agar dapat terpenuhi tujuan keuangannya.

2. Bebas Keuangan Siapa Yang Tidak Mau

Pasti tidak ada yang tidak ingin kan kalau mendengar kata-kata bebas keuangan semua orang pasti menginginkan hal tersebut, selain bebas keuangan menjadi mandiri secara keuangan juga siapa sih yang tidak menginkan hal tersebut, maksud dari mandiri secara keuangan adalah tidak lagi bergantung dengan pemberian orang tua, dari atasan atau bos, bahkan tidak bergantung juga dari orang lain. Terkadang ada beberapa orang yang bergantung pada dana pinjaman dari orang tua. Bukan karena mereka pendapatannya yang kurang tapi, karena pengelurannya yang lebih besar dari pendapatannya, serta mereka pun tidak bisa mengelola keuangannya dengan baik. Keuangan diri anda adalah kewajiban anda sendiri, maka dari itu anda harus memperjuangkannya, pekerjaan apa pun yang di kerjakan  (asalkan halal). Maka dari itu kontrol lah hidup anda dan keuangan diri anda, agar bisa menjadi salah satu yang bebas keuangan.

3.  Inflasi di kalahkan dan Uang di Tumbuhkan

Banyak yang beranggapan kalau berinvestasi itu mengandung risiko yang besar, tahukah kalian tidak berinvestasi malah jauh lebih berisiko? Kenapa malah tidak berinvestasi bisa jauh lebih berisiko?  

    Ilustrasi diatas menampilkan bahwa nilai mata uang selalu mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2017, jika kita mempunyai uang dengan nominal sebesar Rp50.000 kita dapat membeli tiga bongkah tempe. Apakah pada tahun 2037, hal tersebut masih bisa terjadi jika mempunyai uang dengan nominal yang sama yaitu Rp50.000? Kita hanya bisa membeli tiga potong tempe. Intinya nilai uang itu selalu mengalami penurunan, atau biasa kita kenal dengan tergerus inflasi. Untuk bisa bertahan dari arus inflasi maka dari itu mulailah berinvestasi dengan berinvestasi Kita dapat mengimbangi penurunan nilai uang tersebut. Ada bukti yang menunjukan bahwa investasi bisa mengimbangi inflasi, contohnya kita mulai berinvestasi dengan nominal terkecil investasi saham yaitu sebesar Rp100.000  setiap bulannya maka dalam jangka satu tahun kita akan mendapatkan hasil Rp1.200.000 pertahun, dengan berinvesitasi kita akan mendapatkan uang lebih dari itu. perhatikan tabel berikut

Tabel diatas menunjukan simulasi imbal hasil dari berinvestasi reksa dana

Ternyata kita dapat menghasilkan uang sebesar Rp255 juta rupiah kalau rajin berinvestasi minimal Rp100.000 per bulan atau Rp1.200.000 per tahun selama 25 tahun dengan rata-rata hasil Investasi 15% per tahun.  

Dengan fakta yang telah di jelaskan diatas kita bisa menyimpulkan bahawa dengan mulai berinvestasi sesegera mungkin kita akan mendapatkan imbal balik yang lebih dari sekedar kita hanya menabung di bank atau deposito.

Facebooktwitterredditlinkedintumblrmail
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *