HAL YANG TERKADANG TERLEWATKAN KETIKA MUDIK

Mudik atau pulang kampung ke kampung halaman menjadi salah satu moment yang ditunggu oleh masyarakat Indonesia selain hal tersebut sudah menjadi tradisi masyarakat, mudik menjadi ajang silahturahmi dengan keluarga besar di kampung halaman serta reuni dengan teman-teman lama hingga menikmati makanan khas sewaktu kecil dulu adalah beberapa moment lebaran yang selalu ditunggu-tunggu.
Mungkin moment langka seperti itu hanya bisa kita rasakan satu tahun sekali apa jadinya jika ternyata tahun ini menjadi tahun terakhir kita bisa merasakan hal tersebut. Oleh karena itu alangkah baiknya kita persiapakan segala hal lebih matang agar perjalanan kita pun menyenangkan dan tentunya berkesan. Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan saat kita mudik lebaran, penting sekali kalian memperhatikan hal-hal berikut ini:

*Bawa Barang Berlebih
Untuk menghindari risiko-risiko terjadinya hal yang tak diinginkan alangkah bijaksananya jika kita ingin melakukan perjalanan mudik tidak usah membawa barang terlalu banyak secukupnya saja toh kita kan pulang kampung bukan pindah ke kampung. Jika ingin membawakan keluarga di kampung halaman oleh-oleh yang sekiranya banyak lebih baik gunakan jasa pengiriman barang, jadi kita tidak harus membawanya bersama di dalam kendaraan yang kita gunakan.

*Beritahu Tetangga
Ketika kita ingin mudik sebaiknya kita beritahu Tetangga-tetangga minimal ke Tetangga sebelah rumah kita. Selain kita memberitahu ke mereka kita pun bisa minta tolong untuk menitipkan kunci rumah kita ke mereka jika ada sesuatu hal yang terjadi mereka bisa membantu. Bahkan jika perlu kita beritahukan juga ke pihak keamanan daerah rumah kita, agar saat kita pergi kita merasa aman dan tidak perlu lagi khawatir dengan keadaan rumah kita.

*Persiapkan Dana Darurat
Ada hal lain yang tidak boleh terlupakan saat kita ingin pergi mudik. Dana darurat, ya dana darurat menjadi hal yang harus di persiapkan, mengapa kita mudik ko harus mempersiapkan dana darurat dana darurat sendiri itu penting karena kita tidak tahu selama perjalanan mudik apakah ada sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi. Misalnya saja kita mudik menggunakan kendaraan pribadi selama perjalanan semua baik-baik saja hingga di sebuah daerah yang masih jauh dari kampung halaman tiba-tiba kendaraan yang kita gunakan bermasalah hingga harus masuk bengkel, jika kita telah mempersiapkan dana darurat kita akan tenang menyikapi hal tersebut karena sudah dipersiapkan dana daruratnya terlebih lagi dengan adanya dana darurat kita tidak perlu menggunakan dana utama kita mengatasi hal tersebut.

*Buat Jadwal dengan Baik
Ketika semua hal telah kita perhatikan jangan lupakan untuk membuat jadwal perjalanan saat kita mudik. Buatlah jadwal keberangkatan lebih awal misalnya H-5 atau H-4 sebelum hari raya karena pada hari itu kondisi di jalan belum terlalu padat kemudian pilih jam keberangkatan sehabis subuh atau kalau bisa sehabis sahur itu dikarenakan di jam segitu kondisi jalan masih sepi dan hawanya pun masih sejuk. Jadwalkan juga untuk arus balik setelah lebaran ambil H+3 atau H+4 setelah hari raya karena dengan kita melakukan arus balik lebih cepat kita tidak akan terjebak dengan kemacetan.

Itulah beberapa hal penting yang perlu kalian perhatikan untuk mudik lebaran yang aman, nyaman, lancar, dan bahagia. Selamat melakukan perjalanan mudik dan semoga selamat sampai di kota tujuan masing-masing.

Facebooktwitterredditlinkedintumblrmail

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *