Waktu yang Tepat investasi Reksa Dana

Kebanyakan dari kita telah mengetahui bahwa investasi itu sangatlah menguntungkan jika dibanding kita harus menabung secara konvensional, bahkan dengan berinvestasi kebutuhan keuangan kita di masa depan dapat terjamin. Meski banyak dari kita yang telah mengetahui bahwa investasi itu penting, namun tetap saja masih ada yang bingung kapan waktu yang tepat untuk memulai berinvestasi.
Bahkan, masih banyak yang beranggapan bahwa kalau kita ingin memulai investasi harus mempunyai uang yang banyak. Jika kita setuju dengan anggapan itu bisa jadi hal tersebut malah semakin membuat kita semakin bingung, yang lebih parahnya bisa-bisa kita baru memulai sebuah investasi 5 tahun atau 15 tahun lagi.

LALU, kapan waktu yang tepat untuk memulai investasi?
Jawaban dari pertanyaan di atas yaitu SEKARANG, karena jika kita ingin memulai investasi alangkah baiknya mulai dari sedini mungkin. Dan perlu di perhatikan investasi adalah sarana untuk mengumpulkan uang, sehingga tidak harus menunggu menjadi kaya untuk memulai berinvestasi.
Agar bisa lebih memahami lagi, kita ilustrasikan sebagai berikut. Ada lima sekawan bernama Abraham, Yuwi, Taro, Kevin, Fanny. Mereka berlima kelahiran di tahun 1994 dan berlimapun bersekolah hingga sarjana.
Lantas mereka berlima lulus di tahun yang sama tahun 2016, setelah lulus mereka berkerja di berbagi bidang industri. Dengan penghasilan yang tidak besar tapi cukup untuk menunjang hidup, Abraham mulai menyisihkan sedikit uangnya untuk berinvestasi di reksadana. Sementara keempat sahabatnya menggunakan seluruh uang gajinya untuk hura-hura, traveling, belanja hal-hal yang tidak terlalu penting.
Abraham rutin menyisihkan Rp100.000 per bulannya untuk membeli reksadana. Reksadana pilihan Abraham reksadana saham Pinnacle Strategic Equity Fund, yang dikelola oleh PT. Pinnacle Persada Investama. Reksadana saham sendiri cocok untuk investasi jangka panjang.
Setalah di berikan pemahaman oleh Abraham, keempat sahabatnya itu pun satu persatu mulai tertarik untuk berinvestasi. Mulai dari Yuwi dan Taro mereka berdua memulai investasi di tahun 2017 dengan modal awal yang sama, Rp100.000 per bulannya, mereka berdua pun rutin membeli reksadana saham Pinnacle Strategic Equity Fund.
Melihat ketiga sahabatnya sudah mulai berinvestasi, Kevin dan Fanny pun tidak ingin kalah dengan sahabatnya itu lantas mereka berdua pun mulai investasi di tahun 2018 dengan modal masing-masing Rp150000 dan rutin membeli reksadana saham Pinnacle Strategic Equity Fund.

BAGAIMANA HASILNYA?
Berdasarkan simulasi, maka hasil dari investasi Abraham per 24 Juni 2019 telah mencapai Rp3,8 juta nominal tersebut Abraham investasi selama tiga tahun.
Sementara itu dua sahabatnya Yuwi dan Taro yang memulai lebih lama satu tahun dari Abraham per 24 Juni 2019 telah mencapai Rp2,6 juta hal nominal ini mereka dapatkan dengan investasi selama dua tahun.
Terakir, dari kelima sahabat ini yaitu Kevin dan Fanny yang baru memulai investasi satu tahun terakhir mereka berdua mendapatkan Rp1,9 juta.

Setelah melihat hasil simulasi tersebut, bisa kita simpulkan bahwa semakin lama kita berinvestasi akan meberikan potensi keuntungan yang besar, namun jika kita berinvestasi dengan waktu yang pendek maka nilai keuntungan yang di dapatpun tidak akan sebesar saat kita berinvestasi dengan waktu yang panjang.
Layaknya sebuah tanaman, investasi pun semakin lama akan semakin berkembang selama kita merawatnya. Lantas waktu paling tepat untuk memulai investasi adalah saat ini juga karena dalam kurun waktu yang panjang kita bisa menikmati hasil investasi tersebut.

Yuk, mulai dari sekarang juga kita investasi

Sumber
Simulasi

Facebooktwitterredditlinkedintumblrmail

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *