Dana Pensiun untuk kalian para Freelancer

Freelancer, salah satu profesi yang menyenangkan karena bagi para freelancer mereka tidak harus bangun pagi serta datang pagi setiap hari kekantor dan baru pulang sore kadang malam harinya, waktu mereka sangat fleksibel mereka sendirilah yang mengatur waktu tersebut bukan perusahaan tempat mereka bekerja.
Namun, meski waktu mereka fleksibel untuk masalah penghasilan para freelancer itu tidak teratur, pendapatan mereka itu tergantung dari proyek yang mereka bisa kerjakan dan musiman, meski begitu terkadang penghasilan para freelancer bisa lebih besar dari para pekerja kantoran.
Muncul permasalahan, dimana jika profesi sebagai freelancer itu ditekuni hingga tua, apakah para freelancer bisa memiliki dana pensiunnya sendiri layaknya para Pekerja Negeri Sipil ataupun Pekerja Swasta di sebuah Perusahaan.
Di Zaman sekarang ini siapapun dengan latar belakang apapun bisa ko dengan mudah menyiapkan dana pensiun untuk hari tuanya kelak. Salah satunya dengan menggunakan jenis investasi reksa dana, para freelancer jadi bisa menyiapkan dana pensiun mereka, kita ambil contoh seperti ini, jika seorang freelancer dengan umur 25 tahunan dan dia sudah mulai menyiapkan dana tersebut dari sekarang katakanlah dia akan pensiun di umur 55 tahun berarti dia mempunyai waktu 30 tahun untuk menyiapkan dana tersebut, dengan reksa dana saham hal tersebut bisa terwujud mengapa karena reksa dana saham itu jenis investasi yang dimana jangka waktunya panjang dan amat cocok bagi kalian para freelancer untuk menyiapkan dana pensiun, meski reksa dana saham itu pergerakan NAB (Nilai Aktiva Bersih) naik turunnya cukup tinggi setiap harinya hal ini dikarenakan kondisi pasar keuangan hari itu. Namun trend return pergerakan reksa dana saham beberapa tahun terakhir terbilang cukup tinggi.

Grafik diatas menunjukan pergerakan reksa dana saham milik Pinnacle Investment dengan produk reksa dana sahamnya yaitu Pinnacle Strategic Equity Fund, meski produk reksa dana tersebut terbilang baru tapi dengan grafik diatas menujukan trend tiap tahunnya selalu mengalami kenaikan meski terkadang turun tapi hal tersebut tidak terlampau jauh turunnya.
Jadi, bagi kalian para freelancer yang belum terfikiran untuk menyiapkan dana pensiun yuk mulai siapkan, tidak ada istilah terlambat untuk menyiapkan dana pensiun. Agar masa pensiun kita nanti sejahtera.

Facebooktwitterredditlinkedintumblrmail

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *