Jakarta Masih Menjadi primadona bagi para pendatang

Jakarta, Ibukota Negara Republik Indonesia masih menjadi primadona bagi para pendatang dari berbagai daerah. Terutama saat seperti sekarang dimana libur lebaran telah usai, Jakarta terus dipadati para pendatang baru yang mencari peruntungan di Ibukota.
Dikutip dari www.bbc.com/indonesia/indonesia “Setiap warga negara Indonesia berhak untuk bekerja di mana saja karena memang Indonesia memiliki kesetaraan itu, termasuk juga Jakarta,” ujar Anies.
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memprediksi akan ada lebih dari 70 ribu pendatang baru ke Ibukota. Menurut data dari Dinas Kependudukan DKI Jakarta angka tersebut mengalami peningkatan dibangdingkan tahun lalu.
Alangkah bijaksananya para pendatang menyiapkan dokumen seperti KTP dan dokumen lainnya untuk memudahkan pendataan, dan setiap pendatang wajib datang melapor ke RT/RW setempat jika mereka berencana tinggal lebih dari 24 jam.
Sang Gubernur mengatakan tidak perlu risau dengan meningkatnya pendatang baru yang mungkin berakibat meningkatnya pemukiman kumuh di Jakarta. Bahkan menurut Anies masalah seperti itu bisa di tanggulangi dengan pertumbuhan ekonomi yang baik.
Dalam wawancaranya dengan salah satu media Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan. “Yang penting adalah lapangan pekerjaan. Jadi kita mendorong pertumbuhan ekonomi, dengan pertumbuhan ekonomi yang baik, maka akan mendapat pekerjaan yang baik. Dengan mendapatkan pekerjaan yang baik, otomatis tempat tinggal pun akan lebih baik,” ungkapnya.
Banyak faktor yang mendorong banyaknya pendatang ke Jakarta diantaranya:
– UMP yang besar
– Banyaknya lapangan pekerjaan
– Teknologi yang berkembang
– Tersedianya fasilitas dan infrastruktur yang mendukung seperti: pendidikan, kesehatan, transportasi, rekreasi, dan pusat-pusat perbelanjaan
Dengan segala kelebihan yang di miliki oleh Jakarta, maka tidak lah aneh jika setiap tahun akan terus bertambah pendatang yang berdatangan mulai dari yang menuntut ilmu hingga mencari pekerjaan, maka dari itu peran penting pemerintah Jakarta sangatlah diperlukan guna membuat kota tersebut nyaman dan aman meski banyaknya pendatang yang berdatangan.

sumber:
NETZ.ID
BBC

Facebooktwitterredditlinkedintumblrmail
Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *